Bek

Afin de Pelatih di Piala Negara cenderung memilih pemain yg bisa bermain pada penjuru peran dan posisi. Peran gelandang bertahan murni juga sudah mulai tidak kelihatan nyata, karena peran gaya lainpun dituntut untuk memberikan pertahanan. Sedangkan gelandang bertahan memiliki tugas untuk jadi pemutus alur serangan musuh, membantu bek, dan banyak merebut bola. Namun, tugas gelandang bertahan murni itu perlahan mulai menghilang di sepakbola modern.

Tugas utamanya adalah menghentikan pemain musuh untuk mendekati gawang dan mencetak gol di posisi tengah lapangan dan melepaskan bola dari area penalti. Demikian tadi info tentang pemain bertahan dengan gol terbanyak di sepak online modern.

Formasi ini merupakan ilustrasi yang lain dari bagaimana dua formasi bisa dicampur menjadi 1. Dimana formasi sangat defensif dan sebagian besar bernard menggunakannya untuk keseluruhan kompetisi. Ketika berubah menjadi function menyerang, bek sayap maka akan maju kedepan membantu penyerangan dan gelandang bertahan akan maju membantu penyerangan hingga formasi ini membentuk yang efektif dalam menyerang. Di sini. menggambarkan bagaimana sebuah bernard dapat menggunakan formasi pertahanan yang lebih defensif dan menyesuaikannya agar lebih menyerang saat maju kedepan. Disini, saat tim sedang bertahan, mereka bermain dengan 3 pemain sebagai pemain tetap dan 2 pemain menjadi gelandang yang berposisi di tengah.

Apa yang pemain-pemain di atas lakukan ametlah luar biasa, mengingat mereka pada dasarnya merupakan adalah bek yang bertugas buat menjaga pertahanan. Semenjak istilah “water carrier” atau “Pengangkut air” diperkenalkan, posisi gelandang bertahan memang naik daun. Pasalnya dulu orang jauh banyak mengapresiasi pemain-pemain dengan posisi menyerang dan identik dengan mencetak gol. Sementara posisi pemain-pemain dengan tipikal bertahan sedikit terabaikan.

Namun peran itu sudah mulai menghilang di dalam gelaran Piala Dunia Russia 2018 yang lalu. Selayak tugas pemain bertahan adalah strategi yang digunakan buat menambah pertahanan saat terjadi penyerangan. Gelandang ini rata-rata dipakai untuk mengawal pertahanan dan menginisiasi penyerangan. Bek sayap harus memenuhi semua peran defensif dan menginfeksi, baik sayap maupun akhirnya menjadi bek penuh.

Namun, saat transisi menyerang, kedua gelandang maju melebar untuk memberikan pilihan dalam menyerang. Sementara bek tengah, maju kedepan menjadi gelandang bertahan. Formasi ini sangat efektif jika punya pemain bola yang mantap dan taktis dalam pola bertahan. Formasi ini sungguh-sungguh mirip dengan 2-3-1, namum formasi ini membagi lini tengah menjadi dua gelandang penyerang dan satu gelandang bertahan. Formasi ini memadukan peran tim; 3 pemain bertugas untuk menyerang serta 3 pemain lainnya bertugas untuk bertahan.

Formasi ini sangat baik jika memiliki gelandang bertahan yang dapat mengatur serangan dan menutup pertahanan. Posisi gelandang bertahan bisa dibilang sebagai jantung tim di atas lapangan. Sementara gelandang bertahan bertugas memutus alur serangan lawan, membantu pemain belakang tuk bertahan dan banyak menarik bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *